Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Link Partner

Welcome
image

Hengky Music School

Telp. 024-70223048

Kategori
Costomer Service
Pengunjung


ShoutMix chat widget

SLINK

Manfaat Bermain Biola

image

Belajar Bermain Biola(mengenal, manfaat, kendala, dan solusinya)

(Wikipedia, 2010)Biola, memang salah satu alat musik yang susah untuk dipelajari karena dalam pembelajarannya memerlukan teknik khusus. Selain itu, biola khusus digunakan untuk melody, tidak seperti gitar dan piano yang dapat dimainkan dalam ritmis dan melodi. Sehingga rata-rata orang lebih memilih mempelajari gitar, piano, dsb.

Kesulitan dalam bermain biola terletak pada kordinasi gerakan dan tahanan tubuh yang rumit . Manfaat besar yang dapat kita peroleh dengan mengembangkan system kordinasi tersebut, kita dapat mengembangkan lobus parietalis area motorik (area 4 brodmann) otak kanan kita . Dalam otak terdapat lekukan-lekukan yang merupakan tanda bertambahnya luas permukaan otak yang disebut gyrus. Semakin banyak dan rumit gyrus yang terbentuk, semakin berkembanglah otak kita(tergantung area mana yang kita kembangkan).
Kesulitan selanjutnya yang sering didapati adalah bosan . Sebenarnya tidak hanya alat music biola, tetapi semua alat music yang sedang dipelajari jika tidak ditempatkan pada tempat yang semestinya justru malah akan menimbulkan kebosanan/kejenuhan. Kendala ini sebenarnya dapat diatasi dengan berbagai cara. Yang pertama, membiasakan kita untuk tampil menunjukan kebolehan kita kepada orang lain. Kepuasan yang diperoleh dari menunjukan kelebihan kita akan mengurangi rasa kebosanan kita dalam mempelajari alat music. Selanjutnya targertlah dalam setiap latihan anda karena akan memperjelas tujuan dari anda berlatih. Menarget dapat membantu anda memperoleh kepuasan dari apa yang telah anda usahakan dengan berlatih. Dan yang terakhir adalah terbukalah untuk mempelajari hal baru. Tidak ada manusia yang dilahirkan sempurna,Sehingga perlu untuk belajar dari orang lain, akan tetapi perlu kita perhatikan bahwa tiap manusia dilahirkan untuk mempunyai ciri khas/karakteristik, sehingga sembari kita meniru orang lain, percayalah pada diri sendiri dengan mengganti kata tidak “bisa” dengan “belum bisa”. Itulah yang menurut saya disebut dengan mengembangkan hobby.
Kesulitan selanjutnya adalah capek . Capek merupakan salah satu kendala kita dalam berlatih music atau kata yang lebih tepat adalah kaku atau ‘keju’. Capek otot tersebut merupakan mekanisme fatique/kelelahan dari otot yang berarti banyak aktifitas anaerob dalam metabolisme pembentukan ATP otot sehingga banyak terbentuk asam laktat yang menyebabkan sensasi lelah. Otot yang terus menerus dipacu akan menimbulkan pengembangan ukuran dan massa otot yang disebut dengan hipertrofi. Hipertrofi biasanya diikuti dengan peningkatan tingkat endurance/ketahanan otot, sehingga ketika kita berlatih dengan rutin dan sesuai dengan aturan,kita akan dapat meningkatkan tingkat endurance/ketahanan dari otot kita. Ketahanan otot juga dapat dipengaruhi oleh factor lain seperti status gizi, zat oksidan dalam tubuh, genetis, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu pola hidup yang sehat berperan serta dalam peningkatan tingkat endurance/ketahanan otot untuk mencegah capek.
Akhir kata , bisa dibilang tiap orang memiliki masalah dan kendala dalam memperjuangkan sesuatu, seperti halnya belajar bermain biola. Begitu banyak tantangan dan rintangan untuk dialami dan dijalani.maka dari itu, terbukalah untuk mempelajari hal baru, hilangkan rasa malu, dan seimbangkanlah potensi diri anda dengan keberanian mengambil risiko belajar.selamat mencoba belajar biola. Semoga bermanfaat.


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+8+3

Copyright © 2014 Hengky Music Company · All Rights Reserved



RSS Feed